My Menu

Artikel

Diskop UMKM Mimika Bangun Tiga Rumah Produksi Komoditi Lokal

08/10/2023 18:45

Diskop UMKM Mimika Bangun Tiga Rumah Produksi Komoditi Lokal

TIMIKA | Dinas Koperasi dan Usaha Menengah Kecil dan Mikro ( Diskop UMKM) Mimika membangun tiga rumah produksi untuk menunjang peningkatan ekonomi di Mimika, khususnya yang bergelut dengan komoditi lokal.

Tiga unit rumah produksi tersebut dibangun di tiga lokasi berbeda. Pertama di Kampung Pigapu, Distrik Mimika Timur untuk produk komoditi teh mangrove, kemudian di kompleks koperasi Maria Bintang Laut untuk produk komoditi sagu serta ikan dan olahan di koperasi tersebut, kemudian rumah produksi lain untuk noken di Jalan Hasanuddin.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Mimika Petrus Yumte saat ditemui wartawan di salah satu hotel di Jalan Cendrawasih, Senin (25/9/2023) menjelaskan, pembangunan rumah produksi nantinya akan digunakan untuk pengembangan masing-masing usah komoditi itu, sehingga memudahkan dalam proses marketing.

Petrus melanjutkan setelah dibangun rumah produksi akan dihibahkan kepada koperasi.

“Pokonya kita bangun rumah produksi mereka mau bikin kemasannya kah, atau mau bikin apa di situ silahkan, tapi itu untuk skala kecil mungkin kemasannya atau apa begitu,” ujarnya.

Menurut Petrus, rumah produksi dibangun sebab pengusaha yang tergabung dalam koperasi dan bergelut dengan komoditi lokal kesulitan untuk mencari lokasi untuk membuat mengemas atau sekedar galeri untuk memamerkan produksi mereka.

Berita diikutip dari seputarpapua.com