My Menu

Artikel

Wakapolres Mimika Hadiri Pembukaan Festival Produk UMKM dan Koperasi Kabupaten Mimika

17/11/2021 07:18

Wakapolres Mimika Hadiri Pembukaan Festival Produk UMKM dan Koperasi Kabupaten Mimika

Pemerintah Kabupaten Mimika, Papua Tengah menyatakan mulai hari ini akan membantu para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk mempromosikan dan menjual produk-produk yang dihasilkan, Kamis (27/10).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakapolres Mimika Kompol Praja Gandha Wiratama, S.I.K bersama OPD, para Komandan Satuan dan para tamu undangan yang bertempat di halaman Gedung Emeneme Yauware Jalan Budi Utomo Kabupaten Mimika,

Plt. Bupati Mimika Johannes Rettob yang membuka secara resmi Festival Produk UMKM dan Koperasi pada sambutannya memgatakan bahwa apa saja bisa kita buat, tetapi setelah itu dijual kemana? Itu tugas kita pemerintah sebagai fasilitator.

Tidak hanya itu, Pemkab Mimika juga mengundang pihak dari Kanwil Kemenkumham Provinsi Papua menghadiri acara ini. Hal itu dimaksud agar produk-produk dari para pelaku UMKM di Mimika bisa memiliki Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).

“Tujuan kita bagaimana kita menurunkan angka kemiskinan. Bagaimana kita membuat usaha-usaha mikro menengah bisa tumbuh dan berkembang di Kabupaten Mimika,” ujarnya.

Plt. Bupati juga mendorong agar produk-produk UMKM yang dihasilkan dapat memperoleh izin dari BPOM. Hal itu dimaksudkan agar produk yang dihasilkan terutama produk makanan bisa dipastikan kualitas bahan-bahan yang digunakan, terutama dalam memanfaatkan bahan dasar atau pangan lokal seperti sagu.

“Semua ini agar pelaku UMKM merasa diperhatikan oleh pemerintah. Selama ini mereka jalan sendiri-sendiri, tidak pernah pemerintah bina mereka. Mulai sekarang diharapkan kita semua dapat membina mereka,” ujar Johannes Rettob.

Kegiatan Festival Pruduk UMKM & Koperasi yang diselenggarakan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Mimika, digelar selama tiga hari kedepan. Dengan adanya Festival ini maka dapat menambah pendapatan ekonomi masyarakat.